Minggu, 19 April 2009

Istilah-Istilah Bowling

Pengalaman main bowling di Timezone sore ini membuatku pengen tahu banyak ttg olahraga ini dan istilah2nya

Bowling atau tepatnya Ten-Pin Bowling adalah sebuah olahraga atau permainan keakurasian, seperti halnya olahraga memanah, menembak atau melempar dart. Kadang memang sering terdengar aneh ketika sebuah olahraga hanya sedikit melibatkan aktivitas fisik, sebab istilah kita adalah olahraga, mengolah raga atau badan. Namun permainan tidak hanya sebatas mengolah raga, permainan bisa melibatkan perasaan dan pikiran, selain tentunya aktivitas fisik. Misalnya permainan papan catur –kayu kok dipikirin?– atau kartu bridge yang kadang disebut juga olahraga, padahal lebih banyak melibatkan aktivitas perputaran otak yang kadang disertai faktor keberuntungan.

Perangkat bowling terdiri dari sepuluh benda seperti botol yang disebut pin disusun 1 pin - 2 pin - 3 pin - 4 pin membentuk segitiga sama sisi. Kesepuluh pin harus dijatuhkan oleh sebuah bola padat yang digelindingkan pada sebuah lajur yang disebut lane sepanjang 60 kaki (18, 28m) dengan lebar 3, 5 kaki (1, 07m), di kiri kanan lane terdapat lekukan seperti selokan yang disebut gutter, sering diplesetkan juga disebut got.
Pada jarak 15 kaki (4, 57m) dari posisi bowler terdapat marka yang berfungsi sebagai acuan dalam menggelindingkan bola bowling. Bermain bowling bisa sendirian, berdua, bertiga dan seterusnya, namun kurang nyaman juga jika terlalu banyak, menunggu giliran melempar terlalu lama dan juga papan skor akan bergulung (scrolling), jelas lebih nyaman melihat skor semua pemain dalam satu tampilan layar.

Penentuan skor pada permainan bowling cukup rumit, bahkan cukup rumit untuk dicongak, tapi anda tak perlu pusing karena semua telah diatur oleh mesin dan komputer. Dalam satu game terdapat 10 giliran untuk setiap pemain, disebut sebagai frame. Dalam satu frame diberikan kesempatan dua kali melempar untuk menjatuhkan kesepuluh pin. Jika dalam satu kali lemparan semua pin jatuh, disebut strike dan giliran dilanjutkan ke pemain berikutnya. Jika dengan dua lemparan kesepuluh pin jatuh semua disebut sebagai spare. Strike dan spare akan menjadi bonus pada perhitungan frame selanjutnya, bahkan jika pada frame berikutnya mendapat strike atau spare lagi, perhitungan skor ditunda (tidak tercatat di layar skor) dan baru dihitung jika pada sebuah frame di mana bowler tidak mendapat strike atau spare, dan perhitungan bonus akan berlipat-lipat mengikuti rumus tertentu. Pada frame kesepuluh jika bowler pada bola pertama mendapat strike maka ada bonus dua lemparan lagi (menjadi tiga bola d i frame ke-10), maksimum skor pada frame ke-10 ini adalah 30 (tiga kali strike) dan total skor permainan dalam 10 frame adalah maksimum 300. Pada frame ke-10 jika bowler mendapat spare dengan dua lemparan diberikan bonus satu lemparan lagi, maksimum 20 dari jumlah spare (10) ditambah jika strike (10).Berikut contoh gambar hasil akhir skor setelah 10 frame selesai dimainkan. Tanda silang (X) adalah strike, tanda garis miring (/) adalah spare, skor 0 adalah tanda bola menggelinding ke selokan, dan tanda minus (-) adalah bola menggelinding sampai ujung lane tapi tidak ada pin yang jatuh.

Lalu, bagaimana caranya menggelindingkan bola bowling? Tentunya lebih mudah langsung dilakukan di arena bowling. Bola bowling memiliki beberapa ukuran, dikenal dengan nomor 7 hingga belasan, jika tidak salah nomor tersebut menunjukkan berat bola dalam pound. Bola bowling memiliki tiga lubang, satu lubang untuk ibu jari dan dua lagi untuk jari tengah dan jari manis. Saya sendiri cocok dengan bola nomor 10 atau 11 tapi sering mendapat ukuran lubang untuk ibu jari terlalu sempit. Teori dasar melempar bola bowling mirip dengan melempar bola sofbol, yaitu menggunakan gaya sentrifugal – pada lengan yang lurus dengan sumbu lingkaran pada sendi di bahu. Bedanya dengan lemparan bola sofbol adalah bola sofbol diputar nyaris 360°, sedangkan bola bowling hanya 90°, dari posisi lengan diayun 90° lurus ke belakang badan, kemudian diayun ke depan dan pada saat posisi kembali ke bawah bola dilepas. Jika melempar menggunakan tangan kanan maka kaki kiri ada di depan serta kaki kanan digeser ke arah kiri untuk menjaga ayunan tangan lurus, selain supaya jangan sampai bola menabrak mata kaki kanan. Jika sudah dirasa bisa melempar seperti di atas, bisa dilanjutkan dengan memberi awalan beberapa langkah untuk menambah daya dorong sehingga bola meluncur lebih cepat dan bertenaga, yang sudah di tingkat pandai atau profesional malah nyaris seperti berlari dalam membuat awalannya, dan bahkan bola tidak hanya menggelinding lurus tapi di-spin sehingga memberi efek bola menggelinding melengkung hingga menabrak pin.

Istilah-istilah Strike apabila dilakukan secara berturut-turut :

1 Strike = Strike
2 Strike = Double
3 Strike = Turkey
4 Strike = Four Bagger
5 Strike = Five Bagger
6 Strike = Six Pack / Six Bagger
7 Strike = Seven Bagger
8 Strike = Eight Bagger
9 Strike = Nine Bagger
10 Strike =
11 Strike =
12 Strike = Perfect Game

Tidak ada komentar: