Selasa, 01 September 2009

Blue Ocean Strategy


Kenapa manusia suka berkompetisi...
Segala sesuatu diperebutkan...
Padahal begitu luasnya samudra biru yang diciptakan Allah..
JanjiNya "Dan tiada satupun makhluk melata (bergerak) di muka bumi melainkan semuanya dijamin Alloh Rezkinya” (QS.11 Hud : 6)

وَمَامِنْ دَآبًةٍ فىِ اْلاَرْضِ اِلاَّ عَلىَ اللهِ رِزْقُهَا “

Tak ada perjalanan yang mudah.
Tak ada persahabatan yang diisi dengan tawa semata.
Persahabatan membuat hidup lebih kaya.
Persahabatan membuat dunia lebih indah.

Buku Blue Ocean Strategy karya duo sahabat W. Chan Kim dan Renee Mauborgne yang merupakan hasil penelitian selama lebih dari lima belas tahun ini menawarkan gagasan-gagasa yang berisikan nilai-nilai persahabatan, kesetiaan dan rasa saling percaya satu sama lain. Strategi Samudra Biru menantang kita (perusahaan) untuk keluar dari samudra merah persaingan berdarah dengan cara menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kompetisi pun menjadi tak relevan.

Gagasan-gagasan dalam buku ini tidak ditujukan bagi orang-orang yang ambisi hidupnya hanya untuk bertahan hidup. Buku ini ditujukan buat orang-orang yang selalu ingin membuat perubahan, ingin menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak, buat orang-orang yang ingin membangun masa depan yang lebih baik. Dalam perjalanan hidup kita yang berliku

Dalam buku ini Kim dan Mauborgne memperkenalkan seperangkat kerangka dan alat analisis cara menghadapi tantangan secara sistematis dan memaparkan prinsip-prinsip utama strategy samudra biru. Kim dan Mauborgne memberi penekanan pada upaya memahami cara membangun kepercayaan dan komitmen serta upaya memahami pentingnya pengakuan intelektual dan emosional sebagai inti dari strategi.

Buku ini sangat inspiratif untuk memulai usaha atau pengembangan usaha. Tidak perlu berniat menjadi pesaing bagi usaha yang sudah mapan. Tidak perlu berkompetisi di lahan yang sama. Bumi Allah masih terbentang luas, apalagi samudra biruNya masih belum banyak terjamah. New comer seringkali harus berjuang keras untuk bisa hidup di rimba persaingan bisnis yang kejam. Ide kreatif dan inovasi untuk menciptakan peluang baru merupakan kunci untuk bisa eksis tanpa harus berdarah-darah berkompetisi dengan si Giant yang sudah mapan.

Jakarta, 3 September 2009
.

Tidak ada komentar: